Rabu, 02 Mei 2012



PORTAL BARU MEH


Apa itu MEH, kepanjangan dari Marine Electronic Highway. Adalah merupakan sarana informasi untuk mengetahui sedini mungkin bila terjadi polusi di laut, tabrakan kapal di laut, perampokan, dan apabila
terjadi gangguan yang terjadi pada kapal yang sedang berlayar mupun lego jangkar, bahkan MEH juga memberikan informasi tentang keadaan di laut seperti kuat angin, arus dan pasang surut yang real time dengan durasi refresh dua menit sekali.

Dengan adanya Pilot project yang diberikan IMO ( International Maritime Organitation ) khususnya di selat malaka yang cukup padat lalulintas kapalnya dan  di kelola tiga negara yaitu, Indonesia, Malaysia dan Singapura jelas sangat membantu bagi para navigator yang berlayar di selat tersebut dimana di beberapa titik sudah terpasang sensor stasion untuk memberikan data ke kantor PMO ( Project Management Office )yang berlokasi di Batam Indonesia. Dengan adanya portal MEH bukan saja bisa di lihat oleh para navigator saja bahkan owner, survey dan ofshore juga bisa menggunakan fasilitas yang di berikan oleh portal tersebut saudara bisa mengunjunginya di http://www.mehsoms.com ( sementara hanya bisa diakses menggunakan internet explorer ) dan anda bisa masuk menjadi member kemudian akan diberikan pilihan sesuai kebutuhan dari sipengguna oleh Admin MEH.

Mengingat sangat padatnya lalu lintas kapal di selat malaka, portal ini jelas sangat membantu apalagi menampilkan ENC ( Electronic Navigation Charts ) dan AIS ( Automatic Identification System ) secara uptodate, bahakan para member bisa memberikan informasi mengenai situasi di laut sehingga bisa saling berinteraksi antara member administrator dan operator , karena masih sifatnya baru jelas untuk sempurna masih belum tercapai karena beberapa titik sensor stasion masih dalam instalasi yang rencana kedepan seluruh selat malaka bisa termonitor, saat ini jangkauan AIS hanya sampai radius kurang lebih 21 mil laut, dan beberapa data dari VTS  yang ada di indonesia datanya belum terhubung ke PMO batam. tetapi untuk informasi angin dan pasang surut bisa diketahui dari tanjung undan sampai horsbhoug, kami kira ini sudah cukup membantu para navigator agar bisa merasa nyaman berlayar di selat malaka.

Akhir dari tulisan ini kami harapkan kedepan tidak akan ada lagi gangguan pelayaran di selat malaka yang bisa merugikan jiwa, lingkungan dan materi.
Untuk link ke portal MEH klik disini

Batam 27 April 2012 .
Yanto. MB

2 komentar:

  1. Bravo....
    mohon lebih ditingkatkan kembali sampai maximal, demi keamanan dan kenyamanan seluruh pengguna jasa maritime...
    thanks infonya pak yanto....
    from ... cosmonita2006@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. testing & monitoring, by. KN. CUNDRIK-P.204 EMAIL : kn_cundrik_p_204@yahoo.co.id

    BalasHapus